Selasa, 23 Juli 2024

Jelang Pekan Imunisasi Polio, UPT Puskesmas Teluk Belitung Gelar Launching PIN Polio: Ini Pesan Camat Merbau




Kabarpesisirnews.com   KPN
MERBAU RIAU,   -
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui UPT Puskesmas Teluk Belitung, Kecamatan Merbau menggelar Launcing Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Acara mengambil tempat di Sekolah SD Negeri 1 Teluk Belitung pada Selasa (23/7/2024) pagi.


Saat ini, pihak Puskesmas Teluk Belitung tengah mempersiapkan dan gencar dalam pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap 2 yang digelar secara serentak di 27 Provinsi dimulai pada tanggal 23 Juli 2024.
PIN tersebut diselenggarakan sebagai upaya peningkatan kewaspadaan dini dan respon dalam memutus rantai penularan virus polio sebagai tindak lanjut atas temuan kasus polio pada 7 wilayah Provinsi di Indonesia, ucak Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung Apriadi Saputra, AMk 


Menurutnya, imunisasi Polio ini akan dilakukan setiap Desa/Kelurahan dengan sasaran  anak berusia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya sehingga diharapkan seluruh anak yang memenuhi ketentuan akan mendapat vaksin polio tanpa terkecuali.
PIN Polio merupakan program nasional dalam upaya pencegahan penyakit p
Polio dengan sasaran anak usia 0-7 tahun. Pelaksanaan dilaksanakan di semua Desa dan Kelurahan Se- Kecamatan Merbau dengan titik pelaksanaan mulai dari jenjang TK, SD, ujar Apriadi menjelaskan.


Diharapkan, bahwa vaksin polio tersebut bisa didapatkan di fasilitas kesehatan seperti Posyandu, Puskesmas, atau pos pelayanan Imunisasi Polio lainnya yang dekat dengan tempat tinggal anak sehingga diharapkan semua anak akan mendapatkan vaksin polio secara keseluruhan, pungkas Apriadi Saputra yang kerap disapa sehari hari Adi.
“Sementara Camat Merbau Muhammah Nazir S.Pd.M.Si mendukung progran antisipasi PIN Polio tersebut. Kami atas nama pemerintah Kecamatan Merbau mendukung sepenuhnya kegiatan positif demi mengantipasi terhadap perkembangan penyakit Polio, ucap Camat Merbau.


Diharapkan, dukungan masyarakat serta kepedulian kita semua mudah mudahan anak anak kita terbebas dari virus Polio,"katanya", melalui PIN program ini anak anak kita semua bebas dari penyaki Polio. Diingatkannya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin yang akan diberikan diyakinkan aman, sehat dan nyaman” pungkas Muhammad Nazir.


Diacara tersebut, selain dihadiri Camat Merbau Muhammad Nazir S.Pd.M.Si didampingi Ketua PKK  Kecamatan Merba Ilmiyati Irita S.Pd, Kapolsek Merbau diwakili. Danramil 06 Merbau diwakili. Korwil Pendidikan Kecamatan Merbau Mhd Maksum, Kepala Puskesmas Teluk Belitung Apriadi Saputra AMk, didampingi beberapa orang tenaga medisnya. Kepala Sekolah SDN 1 Teluk Belitung Wan Sendek, S.Pd dan ratusan siswa/i SD Negeri 1 Teluk Belitu, dan komponen lainnya.


Sebagai informasi, vaksin polio diberikan dengan cara diteteskan kepada anak menggunakan vaksin Novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2) dengan keunggulan lebih stabil secara genetik."*****




LAPORAN        :    ALI SANIP
EDITOR             :    R.ARUFIN

Load comments